-->

Soal dan jawaban tentang IP dan VoIP

Assalamualaikum wr.wb 
Ok temen-temen pada postingan kali ini saya ada beberapa soal dan jawaban tentang IP dan VoIP,  mungkin pada postingan sebelumnya temen-temen udah baca artikelnya jadi ini pengaplikasianya dalam bentuk soal. Ok langsung simak aja  ok
Soal
1.     Apakah Perbedaan IP statis dan IP dinamis ?
2.     Hitunglah jumlah subnet, jumlah host, broadcast dari IP 192.168.0.6 ?
3.     Apakah yang dimaksut VoIp dan perangkat apa saja yg diperlukan
4.     Sebutkan jenis sistem operasi open source dan close source
5.     Gambarkan desain jaringan LAN dalam sebuah gedung dengan 1 server, 2 hub, 1 router, 20 client,,dengan IP server 192.168.0.200,,dan ip client mulai 192.168.0.201-220 !
                        
Jawaban 
1.     Perbedaan IP Statis dan IP Dinamis. IP statis yaitu IP yang dedicated dengan sebuah PC, computer atau perangkat networking lainnya (misal router). IP dinamis yaitu IP yang didapatkan oleh computer/router lain dari sistem DHCP nya, IP yang didapatkan oleh PC ini bisa berubah-ubah.

2.              2.     NETWORK ADDRESS 192.168.0.6/24 ?

          Analisa: 192.168.0.6 berarti kelas C dengan Subnet Mask /24 berarti                              11111111.11111111.11111111.00000000 (255.255.255.0).

Penghitungan:

·Jumlah Subnet = 2x, dimana x adalah banyaknya binari 1 pada oktet terakhir (dikarenakan tidak ada angka satu di oktet terakhih). Jadi Jumlah Subnet adalah 20 = 1 subnet.



·Jumlah Host per Subnet = 2y – 2, dimana y adalah adalah kebalikan dari x yaitu banyaknya binari 0 pada oktet terakhir subnet. Jadi jumlah host per subnet adalah 28 – 2 = 254 host.



·Tabel

Net ID
192.168.0.0
Host Pertama
192.168.0.1

192.168.0.2

192.168.0.3

..................

..................
Host Terakhir
192.168.0.254
Broadcast
192.168.0.255

Jadi Broadcast adalah 192.168.0.255



3.     (*) Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.

          (*) Perangkat - perangkat yang diperlukan untuk membangun Voip yang                         sederhana ataupun yang lebih kompleks, yaitu:

  A. IP-PBX (Internet Protocol - Private Branch Exchange)


        IP-Pbx  atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX  yang menggunakanTeknologi Internet Protocol.  IP PBX adalah perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone.

        Solusi berbasis IP PBX merupakan konsep jaringan komunikasi generasi masa depan atau dikenal dengan istilah NGN (Next Generation Network) yang dapat mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN/POTS), jaringan telepon bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless (DECT), dan jaringan berbasis paket (IP/ATM).
  
       Untuk Perangkat Hardware IP-Pbx kita bisa menggunakan PC Server / PC Computer yang sudah terinstall dengan Software IP-Pbx seperti Asterisk, Elastix, Tri Box, dll. Kita bisa juga membeli dari Suplier Voip yang sudah menyediakannya, sesuai dengan kebutuhan.



   IP PBX membawa kemampuan multilayanan di jaringan IP ke dunia komunikasi teleponi, sehingga akan memungkinkan semakin banyak layanan komunikasi yang dapat berjalan di atas jaringan IP. Multilayanan tersebut adalah Voicemail & Voice Conference, Interactive Voice Response (IVR), Automatic Call Distribution (ACD), Computer Telephony Integration (CTI), Unified Messaging System (UMS), Fax Server & Fax on Demand, Call Recording System, Billing System, serta Web-based Management System. 
   IP PBX dapat mendukung antarmuka trunk Analog FXO/FXS; Digital E1-MFC R2, ISDN BRI, ISDN PRI; IP (H.323/SIP/IAX); dan Analog Tie Line E&M. Selain itu, IP PBX dapat mendukung antarmuka ekstension Analog FXO/FXS; ekstension Digital; ISDN Interface BRI (2B+D); dan TCP IP (H.323/SIP/IAX).

  B. Voip Gateway

Perangkat Voip Gateway adalah sebuah perangkat gateway yang menggunakan Internet Protocol untuk mentransmisikan dan menerima komunikasi suara (VOIP), dan ada banyak perangkat gateway yang digunakan di pasaran. Perangkat Voip Gateway yang beredar saat ini terbagi 3:

  1. Voip Gateway FXS ( Foreign Exchange Station )

Voip Gateway FXS biasanya digunakan untuk converter dari RJ 45 ke RJ 11.Pada interface FXS atau pada port FXS bisa di koneksikan ke Telepon Analog biasa atau ke line yang tersambung ke FXO atau CO Trunk, ataupun Mesin Fax

      


  2. Voip Gateway FXO ( Foreign Exchange Office)
Voip Gateway FXO biasanya digunakan untuk koneksi ke line PSTN ( Public Switch Telephone Network) atau ke line tersambung ke perangkat FXS ataupun perangkat FWT GSM/CDMA.

   3. IP GSM Gateway

IP GSM Gateway adalah perangkat yang mengintegrasikan jaringan gsm ke IP Pbx, Perangkat yang menggantikan FWT GSM.


   C. IP-Phone

IP-Phone adalah Telepon digital berbasis IP, sebagai end user pada jaringan VOIP Di IP-Phone kita bisa mengconfigure ext, dan lain sebagainya, Perangkat IP-Phone ada banyak jenis dan banyak fungsinya, misalnya ada IP-Phone biasa, IP-Phone POE, IP-Phone Wireless, IP-Phone Cordless, IP-Phone Call Center, IP-Phone Operator, IP-Phone Executive, IP-Phone Standar.

         


   D. Softphones

Softphones adalah aplikasi end user Voip yang bisa diinstall di PC atau Laptop atau Smart Phones ataupun di Tab, banyak yang menggunakannya karena lebih simple, friendly, dan Praktis. Jika kita ingin mempunyai fitur yang lengkap kita bisa beli lisensinya dari pembuat aplikasinya. Contoh aplikasi Softphone : Xlite atau Zoiper


4.     Jenis – jenis Sistem Operasi Open Source :

v UNIX

v BSD

v GNU Linux

v Sun Solaris

v Fedora

v Linux Ubuntu

v Knoppix

v Garuda OS

v Backtrack

v RedHat

v Mandriva

v OpenSUSE

v Debian

v Kondra Linux

v Turbo Linux

v Linux Mint

v Slackware

Jenis – jenis Sistem Operasi Open Source :

v MS-DOS

v Windows 95

v Windows 98

v Windows ME

v Windows NT

v Windows XP

v Windows Server 2003

v Windows Vista

v Windows Server 2008

v Windows 7

v Windows 8

5.     Gambar desain jaringan LAN

0 Response to "Soal dan jawaban tentang IP dan VoIP"

Iklan Atas Artikel Non Aktif

Iklan Tengah Artikel NonAktif

Iklan Tengah Artikel Non aktif

Iklan Bawah Artikel