-->

Apa Arti dan Perbedaan sistem pendingin komputer Cpu Cooler,Air cooling, Water Cooling dan liquid cooling


       Assalamualaikum wr wb ok kembali lagi dengan Anteque.. pada post kali ini saya akan membahas mengenai Perbedaan sistem pendingin komputer Cpu Cooler,Air cooling, Water Cooling dan liquid cooling. 
Hasil gambar untuk cpu cooler   Hasil gambar untuk Cpu cooler      Hasil gambar untuk liquid cooler

    Mungkin banyak dari temen-temen yang gak tau mana itu CPU Cooler, Air Cooling ataupun Water Cooling jadi sebenernya itu gampang CPU Cooler itu Cooler yang ada di  processor dan bertujuan sebagai pendingin jadi CPU Cooler itu gampangnya adalah Pendingin Processors...
  nah terus Air Cooling itu apa?? Water Cooling itu apa? silahkan simak pembahasan berikut....

Pendingin komputer atau pendingin CPU adalah tindakan mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer. Panas pada komputer berpotensi merusak atau memperlambat kerja sebuah komputer. Terdapat beberapa cara untuk mengurang panas pada sebuah komputer,diantaranya heatsink. Heatsink adalah logam dengan design khusus yang terbuat dari alumunium atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsu untuk memperluas transfer panas dari sebuah processor. Perpindahan panas terjadi menggunakan aliran udara didalam casing, jadi metode pedinginan ini tidak cukup efektif, karena sangat bergantung kepada aliran udara didalam casing, jika aliran udaranya terganggu, maka bisa dipastikan processor akan kepanasan.

Heatsink fan (HSF) Cara kerja dari HSF mirip seperti pada pendinginan menggunakan heatsink, tetapi pada HSF ditambahkan sebuah kipas untuk mempercepat proses transfer panas. HSF bekerja lebih baik dari pada Heatsink. Pada masa kini HSF menggunakan teknologi heatpipe yaitu pipa tembaga kecil untuk tranfer panas dengan menggunakan konsep kapilaritas.
Hasil gambar untuk heatsink fan

Water Cooling. Teknik pendinginan CPU menggunakan cooling adalah dengan menggunakan cairan pendingin  (biasanya berupa air) yang dialirkan menggunakan peralatan khusus untuk Water Cooling. Peralatannya biasanya terdiri dari water block yang dipasangkan  ke pengait processor  di Motherboard,Pompa Air, dan radiator, biasanya metode ini digunakan untuk meng-overclock CPU.
Hasil gambar untuk Cpu cooler

Dry ice dan Nitrogen cair. Prinsip pendinginan tipe ini sangat simple. Processor yang akan didinginkan ditempelkan langsung dengan dasar tabung tembaga(bonk) yang artinya bonk tab akan diisii denan Dry Ice atau Nitrogen Cair dry ice. Sebelum pemasangan pendingin ini, seluruh komponen Motherboard akan diolesi dengan pasta(grease) anti static untuk mencegah kondensasi(pengembunan) agar tidak terjadi korslet pada Motherboard. Disekeliling tabung juga diberi semacam bahan isolator panas untuk mencega kondensasi. Nitrogen Cair pendinginan tipe ini biasanya digunakan untuk pendinginan ekstrim dimana untuk mengover-clock prosesor lebih lanjut diperlukan suhu minus yang ekstrim.
Hasil gambar untuk dry ice over clock       Hasil gambar untuk over clock nitrogen cair

Jadi kesimpulannya Gunakan sistem pendingin yang cocol dengan aktifitas komputer kamu, misalnya kamu hanya sebagai pengguna harian bisa hanya menggunakan kipas dan heatsink, jika kamu setiap harinya bermain game berat maka  kamu bisa menggunakan liquid cooler, dan jika kamu suka mengikuti kontes OC(Over Clock maka kamu harus menggunakan Nitrogen Cair...

    Ok sekian dari saya apabila agan-agan masih bingung atau ada kata yang tidak diketahui  silahkan contact saya via FB or leave comment
  Wassalam See you next post

0 Response to "Apa Arti dan Perbedaan sistem pendingin komputer Cpu Cooler,Air cooling, Water Cooling dan liquid cooling"

Iklan Atas Artikel Non Aktif

Iklan Tengah Artikel NonAktif

Iklan Tengah Artikel Non aktif

Iklan Bawah Artikel