-->

Contoh Final Submission Progessive Web Apps Dicoding

 

Sertifikat PWA Dicoding

Final Submission Dicoding Kelas Membangun Web Apps (PWA)

Final Submission Dicoding untuk Kelas Membangun Progressive Web Apps (PWA)

Ya diartikel kali ini saya akan sedikit membahas tentang salah satu kelas Premium di dicoding yaitu Progessive Web Apps (PWA)

Buat kalian yang belum tau nih PWA itu gampangnya kita buat Web kita kaya Applikasi native dimana masih bisa dibuka secara offline etc, nah normalnyakalau buat aplikasi native itu kan pake Kotlin / Java /  React Native, etc. nah dengan memanfaatkan PWA kita hanya perlu Javascript loh. Iya beneran Javascript, kita memanfaatkan yang namanya service worker, indexdb dll.Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat di Dicoding ya, Karena disini saya hanya akan bahas Final Submissionnya saja, yak langsung saja ya cape saya basa basi wkwkwkw.

Ok Sebelumnya, 

Saya ga tau kalian buka blog ini kapan bisa jadi materi dari Dicoding udah update karena disana emang materinya up-to-date ya. Jadi kalau seumpama materi yang kalian kerjakan beda dengan yang saya singgung disini Ya maap.


Main Content:

Untuk final submissionnya itu kalau menurut saya sangat mudah ya karena justru yang buat kita minum kopi banyak ya second submissionnya wwkwk... ok berikut yang menjadi point utamanya

  1. Workbox
  2. Buat Live (Firebase / github )
  3. Responsive and Creative  etc
  4. Webpack (Nerapin materi di Fundamental Frontend Dev)
Ya jangan kaget memang itu yang menjadi point utama di Final submissionnya menurut saya, yang lainnya itu mengikuti First Submission and Second Submission kaya buat applikasinya offline, indexdb (ubah ,nambah dll), dan tentunya menggunakan Materialize dan itulah.

Saran:

Kalau saran saya biar dapet 5 STAR 
  1. Usahain Tampilannya Responsive
  2. Clean Code biar ga dapet ceramah kek saya wkkwkw....
  3. Terus karena di Submission ini kita pake API Football data ya pastinya contentnya bola yekan, mungkin kalian bisa nambahin fitur seperti mungkin buat taruhan nah ntu pasti sangat berguna wkwkwkk....
  4. Bisa juga nambahin fitur Dark Mode kan lagi pada suka yang dark dark nih skrng
  5. Manfaatin Materi Di Fundamental Frontend kaya Webpack, shadowDom, customElement dll

Conclusion and Disclaimer

  • Jadi Developer itu harus wajib sabar, kreatif dan tentunya suka karena saya yakin kita akan banyak membaca seperti Documentation dan tutorial. Jujur itu penyesalan saya karena memang tidak suka membaca jadi perlu waktu yang sangat lama untuk mengerti suatu materi. Jadi kalau temen-temen emang serius pen jadi developer usahain dulu suka membaca dan paham bahas inggris.
  • Kalau informasi yang saya sampaikan disini ada yang salah atau kurang lengkap sya mohon maaf karena emang tujuan utamanya saya hanya ingin ngomongin point Final submssion dan promosiin github saya heheh
  • Kalau emang tertarik lebih Jauh tentang Front-end Development kalian bisa langsung kunjungi saja Dicoding karena setau saya sekarang udah komplit materi Front-endnya

Fun Fact
Sedikit cerita saja, saya itu penerima beasiswa dari Lintasarta kemarin dan karena beasiswa itu saya bisa lulus ampe kelas PWA tapi ditengah-tengah jalan saya sempet nyerah karena beneran pusing dan pernah ampe di tegur fasilitator saya karena sudah hampir deadline yang lain sudah sampe final submsission, saya malah Second submission malah belum dikirim. Ya itu semua karena saya emang belum paham pasti jadi saya ga berani submit submission apapun. Dan itu semua karena saya malas membaca padahal materi Dicoding bacaan semua wkwkw....

Oh ya  ini link Github saya, yang saya pakai buat Submision di Dicoding mohon maaf kalau ga teratur wkwkw

  1. First Submission : Link

  2. Second Submission : (Lagi saya cari)

  3. Final Submission : Link


Ok mungkin Sekian Artikel tentang Contoh Final Submission Progessive Web Apps Dicoding semoga dapat membantu teman-teman yang sedang berjuang jadi Developer. Mohon maaf jika tulisan ini sangat berantakan dan malah bikin kalian bingung, saya akan coba perbaiki skill menulis saya lagi 

Sampai Jumpa dan Terima Kasih 

0 Response to "Contoh Final Submission Progessive Web Apps Dicoding"

Iklan Atas Artikel Non Aktif

Iklan Tengah Artikel NonAktif

Iklan Tengah Artikel Non aktif

Iklan Bawah Artikel