-->

Cara Ping dari virtual ke Router Mikrotik

 
    Asslamualaikum wr wb selamat pagi semoga temen-temen IT club sehat semua pada hari yang cerah ini kita akan membahas tentang Cara ping dari Virtual ke Router. mungkin beberapa dari temen temen ada yang dari jurusan TKJ dan mendapatkan tugas dari guru tentang ini jadi pas banget dengan pembahasan kita kali ini..

Okelah langsung saja karena saya juga bingun mau ngomong apa berikut cara nya

  • Langkah pertama kita masuk ke Winbox untuk membuat IP di eth 2 (karena saya menggunakan eth 2) untuk penomoran IP terserah kalian di saya memakai 19.19.19.1/24 karena angka 19 terlintas di pikiran saya seperti dibawah :
  • Selanjutnya kita setting di windows kita yang asli dengan klik open network and sharing center kemudian pilih change adaptor setting dengan nomor untuk  Local connection 3 sebagai berikut 19.19.19.5
     
  • Setelah itu jangan lupa untuk mengaktifkan / enable virtual network adapternya pada Vmnet1 jangan yang Vmnet 8. Pada Vmnet 1 saya setting 19.19.19.16 intinya satu subnet seperti yang saya bilang sebelumnya
  • Setelah langkah diatas selesai sekarang kita berpindah ke VM warenya
  • Bukalah virtual os yang sudah kalian buat, disini saya menggunakan Windows Server 2012 r2 karena saya males nginstall yang lainnya lama soalnya sob:)
  • Setelah itu kita masuk lagi di network sharing and center untuk mengganti / setting IP nya karena ini windows ya kalau di linux beda lagi mungkin akan saya post minggu depan
  • Setting lah itu setting IP pada windows virtualnya seperti berikut
Setelah itu coba ping ke langsung routernya 19.19.19.1 pasti tidak bisa kan, nah agar bisa konek ada beberapa settingan di VMwarenya seperti berikut :
  1. Petama lihat pada kiri atas ada beberapa pilihan pilih saja opsi  Edit klik saja dan pilih Virtual Network Editor...
     
  2. Kemudian klik Vmnet 1 Host only dan isikan subnetnya kemudian pilih / klik DHCP setting untuk configurasi selanjutnya
  3. Pada menu DHCP setting disana kalian akan disuruh untuk menentukan range atau batas ip yang bisa digunakan. Isikanlah range-nya sesuai keinginan kalian atau biarkan default 129-254 seperti ini.
     
  4. Nah setelah semua configurasi diatas telah selesai dilakukan, sekarang coba kalian ping ulang ke 19.19.19.1 dan taraa akhirnya berhasilkan


Ok mungkin sekian dulu dari saya tentang Cara ping ke router dari virtual apabila ada kesalahan dalam penyampaian informasi saya mohon maaf dan apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komen anda sekian terima kasih

0 Response to "Cara Ping dari virtual ke Router Mikrotik"

Iklan Atas Artikel Non Aktif

Iklan Tengah Artikel NonAktif

Iklan Tengah Artikel Non aktif

Iklan Bawah Artikel